Ads

Home » » AL-FIAH (NADHOM KE-11)

AL-FIAH (NADHOM KE-11)


بتافعلت وأتت , ويا افعلي * ونون  أقبلنّ - فعل ينجلي
Dengan ta'nya lafadh fa'alta dan atat, ya'nya lafadh if'ali, nunnya lafadh aqbilanna maka kalimat dapat diketahui bahwa kalimat tersebut kalimat fiil.
(PENJELASAN)

Kiyai Mushonif menjelaskan bahwa sesungguhnya fiil dapat dibedakan dengan isim/huruf dengan ta'nya lafadh fa'alta yang dimaksud ta'nya lafadh fa'alta adalah ta' fail, yaitu ketika didhomah untuk dhomir mutakallim spt contoh : فعلت ,ketika fathah untuk dhomir mukhotob spt contoh : تباركتَ ,dan dikasroh untuk dhomir Mukhotobah spt contoh : فعلت

Selain itu dapat dibedakan pula antara kalimat fiil dengan isim/huruf dengan ta'nya lafadh atat, yang dimaksud  dengan ta'nya lafadh atat disini adalah ta'ta'nits sakinah (ta' yang disukun untuk kalimat yang menunjukkan perempuan). spt contoh : نعمت dan بئست .
Ta' ta'nits ketika masuk pada kalimat isim & huruf tdk diharokati dengan dengan sukun akan tetapi diharokati dengan ketentuan I'rob.
 spt contoh ta'ta'nits yang terdapat pada isim :

 هذه مسلمةٌ               ketika jatuh pada I'rob Rofa'.
رأيت مسلمةً   ketika jatuh pada I'rob Nashob.
مررت بمسلمة ketika jatuh pada I'rob Jar.
contoh ta'ta'nits yang masuk pada huruf :
لاتَ, ربتَ, ثمتَ 
kemudian selain dua Alamat(ciri-ciri) diatas kalimat fiil juga dapat dibedakan dengan ya'nya lafadh if'ali (ya'failah). ya'nya lafadh if'ali tdk bisa dikatakan ya'dhomir karena ya'dhomir dapat masuk pada kalimat isim dan huruf.
spt contoh :
إضربي
Alamat (ciri-ciri) kalimat fiil selanjutnya adalah nunnya lafadh aqbilanna yaitu nun taukid. Nun taukid ada 2macam yaitu : nun taukid khofifah & nun taukid tsaqilah.
spt contoh :
لنسفعاً بالناصية  nun taukid khofifah
لنخرجنّك ياشعيب nun taukid tsaqilah
kesimpulan:
Alamat ,tanda atau ciri-ciri kalimat fi'il ada 4 yaitu ketika dijumpai/ketemu dengan (1) ta' fa'il (2) ta' ta'nits tsakinah (3) ya' failah (4) nun taukid.

0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos