Ads

Home » » DOA QUNUT & QUNUT NAZILAH

DOA QUNUT & QUNUT NAZILAH


(وجهر به) أي القنوت، ندبا، (إمام) ولو في السرية، لا مأموم لم يسمعه ومنفرد فيسران به مطلقا، (وأمن) جهرا (مأموم) سمع قنوت إمامه للدعاء منه.
Cara membaca doa Qunut:
Dan sunah dibaca keras untuk Bacaan Doa Qunut untuk Imam walaupun pada pelaksanaan sholat Sariyah (sholat pada siang Hari/ tdk malam). Kesunhan membaca jahr tdk untuk Makmum yang tdk mendengar doa Qunut Imam atau sholat Munfaid, Maka untuk makmum & Munfarud disunahkan membaca doa Qunut dengan sariyyah (tdk keras).
Adapun untuk Ma’mum yang mendengar bacaan Qunut Imam disunahkan Membaca Amiin (mengamini doa Qunut Imam).
(Fathul Muin ,Juz:1, Hal:189)
(قوله: وجهر به، أي القنوت) لا فرق فيه بين قنوت الصبح وغيره، من قنوت النازلة وقنوت آخر الوتر من نصف رمضان ويجهر به أيضا في المؤداة والمقضية.
I’nah sarah Fathul mu’in.
Sunah membaca Jahr pada Doa Qunut tdk ada perbedaan bagi Qunut sholat subuh & lainnya, termasuk Qunut Nazilah & Qunut akhir sholat witir dari separo bulan Romadhon.
(قوله: ولو في السرية) أي يجهر به مطلقا، في الصلاة الجهرية والسرية - كما في قنوت النازلة - في
الظهر والعصر.
(walaupun pada pelaksanaan sholat yang bersifa As-Sariyah) Maksudnya mutlak dibaca keras baik pada solat yang Jahr (mengearaskan bacaan) ataupun As-Saiyah (melirihkan bacaan) spt membaca Qunut Nazilah pada sholat Dzuhur &Ashar. Dan juga dibaca Jahr (keras) pada sholat Ada’ataupun Qodho’.

0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos