HUKUM BELAJAR AGAMA TANPA GURU

Dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, di antaranya adalah digitalisasi media cetak maupun elektronik. Perkembangan teknologi ini mempermudah segala bidang kehidupan tak terkecuali bidang agama. Proses pembelajaran agama sekarang dipermudah dengan adanya software dan hardware seperti kitab – kitab elektronik baik kitab lampau (klasik) ataupun kontemporer, ditemukan pula berbagai perangkat elektronik seperti perangkat untuk belajar membaca Al-Qur’an, bahasa arab dsb. Dengan kemudahan – kemudahan ini masyarakat awam pun menjadi bersemangat dalam menggali dan mempelajari agamanya. Namun seiring berjalannya waktu ada sebagian masyarakat yang menjauhi majelis – majelis ilmu dan mengatakan bahwa belajar agama tak perlu lagi berguru lewat ulama (Kyai, Ustadz  dsb) singkatnya mereka belajar secara otodidak).
Pertanyaan :

  1. Jelaskan otoritas (kewenangan) dan urgensi (peran) Ulama dalam sistem transfer ilmu di dunia islam (misalnya pesantren) ?
  2. Jelaskan dengan detail dan komprehensif  tentang pentingnya sanad guru (Kyai, Ustadz )?
  3. Bolehkah kita belajar agama secara otodidak ?

Rumusan Jawaban :

  1. Ulama punya otoritas penuh untuk mentransfer ilmu pada umat manusia dan berperan sebagai warotsatul  anbiya’, murobbi, mu’allim, muqri’, dan penyalur asror.
 
1.  المجموع - (ج 1 / ص 30)
وينبغى أن يرغبه في العلم ويذكره بفضائله وفضائل العلماء وأنهم ورثة الانبياء صلوات الله وسلامه عليهم ولا رتبة في الوجود أعلى من هذه
2. تفسير حقي - (ج 15 / ص 13)
ولابد فى سلوك طريق الحق من ارشاد استاذ حاذق وتسليك شيخ كامل مكمل حتى تظهر حقيقة التوحيد بتغليب القوى الرحانية على القوى الجسمانية
3. خزينة الأسرار- ص 16
وقال الشيخ أبو علىّ الدقاق : لو أن رجلا يوحى إليه ولم يكن له شيخ لا يجيئ منه من الأسرار
4. كتاب حق التلاوة ص 46
فعلى قارئ القرآن ان يأخذ قرائته على طريق التلقّى و الإسناد عن الشيوخ الآخذين عن شيوخهم كى يصل الى تأكد من أن تلاوته تطابق ما جاء عن رسول الله صلى الله عليه و سلم
 
B. Sanad guru agama itu penting sebagai pertanggungjawaban ilmu yang di ajarkan dan orisinalitas ilmu. Adapun mengambil ilmu dan mengajarkannya dari kitab – kitab mu’tabaroh di bolehkan tanpa ada sanad yang sambung pada mushonif kitab dengan syarat memiliki kemampuan untuk itu.
1. شرح النووي على مسلم - (ج 1 ص 25)
...عبدَ الله بن المبارك يقول الإسناد من الدين ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء
2. تحفة المحتاج في شرح المنهاج  - (ج 1 / ص 149)
( تنبيه ) ما أفهمه كلامه من جواز النقل من الكتب المعتمدة ونسبة ما فيها لمؤلفيها مجمع عليه وإن لم يتصل سند الناقل بمؤلفيها نعم النقل من نسخة كتاب لا يجوز إلا إن وثق بصحتها أو تعددت تعددا يغلب على الظن صحتها أو رأى لفظها منتظما وهو خبير فطن يدرك السقط والتحريف فإن انتفى ذلك قال وجدت كذا أو نحوه
3. الإتقان للسيوطي - (ج 1 / ص 123)
فائدة ثانية الإجازة من الشيخ غير شرط في جواز التصدي على الإقراء والإفادة فمن علم من نفسه الأهلية جاز له ذلك وإن لم يجزه أحد وعلى ذلك السلف الأولون والصدر الصالح وكذلك في كل علم وفي الإقراء والإفتاء خلافاً لما يتوهمه الأغبياء من اعتقاد كونها شرطاً 
 
C. Boleh belajar agama secara otodidak dari kitab – kitab mu’tabaroh kecuali belajar membaca al qur’an harus melalui guru yang memiliki sanad shohih muttashil sampai Rosulullah.
 
1. الأشباه و النظائر للسيوطى ص 189-190
وقال ابن عبد السلام: أما الاعتماد على كتب الفقه الصحيحة الموثوق بها فقد اتفق العلماء في هذا العصر على جواز الاعتماد عليها والاستناد إليها لأن الثقة قد حصلت بها كما تحصل بالرواية ولذلك اعتمد الناس على الكتب المشهورة في النحو واللغة والطب وسائر العلوم لحصول الثقة بها وبعد التدليس
2. كتاب حق التلاوة ص 46
فعلى قارئ القرآن ان يأخذ قرائته على طريق التلقّى و الإسناد عن الشيوخ الآخذين عن شيوخهم كى يصل الى تأكد من أن تلاوته تطابق ما جاء عن رسول الله صلى الله عليه و سلم
  link asal : situs resmi pon-pes Al-Munawiri (Krapyak-Jogjakarta)
Share

3 komentar:

  1. Alhmdulillah terimaksih atas tulisan ini....smg bemanfaat saya, mohon izin copas utuk di pelajrai & shrenya....

    BalasHapus