Ads

Home » » MAKNA MUHAMMAD

MAKNA MUHAMMAD

Makna Nama (Muhammad) Rosululloh SAW:

 محمد علم على نبينا صلى الله عليه وسلم منقول من اسم مفعول الفعل المضعف سمى به بإلهام من الله تعالى بأنه يكثر حمد الخلق له لكثرة خصاله الحميدة كما روى في السير أنه قيل لجده عبد المطلب وقد سماه في سابع ولادته لموت أبيه قبلها: لم سميت ابنك محمدا وليس من أسماء آبائك ولا قومك ؟ قال رجوت أن يحمد في السماء والارض وقد حقق الله تعالى رجاءه كما سبق في علمه
Nama Muhammad adalah pengertian atas nabi kita shollollohu 'alaihi wasallam yang diucapkan dari kejadian ismim Maf'ulnya fiil bina' mudho"af (mengikuti wazan maf'ulun). Dikatakan demikian disebabkan Beliau mendapatkan Ilham dari Alloh ta'ala bahwa banyak sekali makhluk  yang memujinya dikarenakan tingkahnya yang terpuji.
Riwayat yang mengatakan bahwa pada saat meninggalnya bapak Rosululloh ada orang bertanya kepada kakeknya, yang pada waktu itu Rosululloh berumer 7tahun.
"kenapa engkau memberi nama Anakmu (cucu maksudnya Red) Muhammad padahal nama Muhammad bukanlah nama bapak-bapak kamu & kaum-kaum kamu?" 
lalu Abdul Mutholib menjawabnya!
"saya mengharapkan untuk memuji pada yang di langit & di bumi dan sesungguhnya Alloh ta'laa berhak atas harapan itu sebagaimana ketetapan sebelumnya pada maha tahunya.
(Al-iqna' hal:8)

wallohu a'lam 

0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos