Ads

Home » » AL-FIAH (NADHOM KE-12)

AL-FIAH (NADHOM KE-12)



سواهما الحرف كهل وفي ولم ÷ فعل مضارع يلي لم كيشم

Selain isim & fi’il, bagian kalimah yang ke-III yaitu kalimah Huruf spt hal, fii dan lam.
Adapun fi’il dibagi menjadi 3 yaitu fi’il Madli, fi’il Mudlori’ & fi’il Amar. Sedangkan alaamat dari fi’il Mudlori’ adalah dapat dimasuki huruf lam spt lafadz lam yasyam      (لم يشم)

Penjelasan :
Kalimah Huruf dapat dibedakan(almat kalimah huruf) dengan Isim & Fi’il adalah tdk bisnya dimsuki alamah isim ataupu huruf. Kemudian penulis memberikan contoh dari kalimah huruf  , هل  في , لم  disini menunjukkan bahwa kalimah huruf dibagi menjadi 2bagian yaitu Mukhtash & Ghoiru Mukhtash.
Contoh dari huruf istifhamiah hal (هل )untuk kalimah huruf yang ghoiru mukhtash, sedangkan fii  في)) & lam  لم ) ) untuk kalimah huruf yang Mukhtash.
Kalimah huruf yang Mukhtash  ada 2macam yaitu : Mukhtash untuk Isim & Mukhtash Untuk Fi’il. Mukhtash untuk Isim penulis men contoh kan huruf jar fii  في ) ) spt contoh : زيد في الدارِ  (Zaid sedang didalam rumah), sedangkan yang Mukhtash untuk fi’il men contoh kan ‘ami nawashib lam ( لم ) spt contoh :  لم يقمْ زيد (Zaid tdk berdiri).
Nb : Mukhtash : Khusus.
         Ghoiru Mukhtash : tdk khusus (umum).
Setelah itu penulis menambahkan keterangan bahwa fi’il dibagi menjadi 3 yaitu : Fi’il Madli, Fi’il Mudlori’ & Fi’il amar. Adapun Alamat dari Fi’il Mudlori’ adalah dapat dimsuki amil Nawashib  لم ) ).
spt contoh :  لم يشمْ , لم يضربْ.

1 comments:

  1. trmkasih bnyk,ni infonya...? sangat2 berarti buat ane.,., kunjung balik ane tunggu'y

    ReplyDelete

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos