Ads

Home » » MENGQOSHOR & MENJAMA’ SHOLAT

MENGQOSHOR & MENJAMA’ SHOLAT


Bagian ke-I

Pengertian mengqoshor dan menjama sholat.
Secara etimologi bahasa QOSHOR artinya meringkas, sedangkan JAMA’ artinya adalah mengumpulkan. Sedangkan menurut istiah syar’i mengqoshor sholat artinya menjadikan sholat 4rakaat menjadi 2rakaat sedangkan menjama’ sholat artinya mengumpulkan dua sholat dilaksanakan pada waktu yang sama seperti contoh melaksanakan sholat dzuhur pada waktu sholat ashar. Sebelum kita masuk pada pembahasan lebih rinci ada baiknya kalaw kita mengetahui sholat yang boleh diqoshor dan sekaligus dijama’ atau sholat yang hanya boleh dijama’ saja.

  1. Sholat fardu yang boleh dijama’ dan sekaligus mengqoshornya yaitu sholat fardu yang jumlahnya 4(empat) rakaat (Dzuhur, Ashar dan Isya’).
  2. Sholat fardu yang bolehnya hanya dijam’ saja (sholat Maghrib).
  3. Sholat fardu yang tidak boleh diqoshor dan dijama’ yaitu sholat Subuh.
A.      Mengqoshor sholat.
Ketika dalam perjalanan musyafir boleh mengqoshor sholat fardu, dan perlu diketahuai bahwa mengqoshor sholat selain yang rakaatnya berjumlah empat rakaat tidak diperbolehkan oleh aturan syar’i.
SYARAT-SYARAT MENDAPATKAN RUKHSHOH QOSHOR SHOLAT
Syarat - syarat boleh mengqoshor sholat ada 12, sebagaimana yang terdapat pada Nihayatu zain Syekh Nawawi AL-banteni:

  1. Sholat yang boleh diqoshor hanya sholat-sholat yang 4 (empat)rakaat saja yaitu Dzuhur, Ashar dan Isya’.
  2. Kepergiannya menempuh jarak 16Farsah/2Marhalah, dalam hal ini para Ulamak berselisih pendapat antara ( 88Km, 80Km, 64Km, 94Km).
  3. Kepergiannya tidak untuk bermaksiat.
  4. Kepergiannya, dinilai baik secara agama ataupun duniawi.
  5. Kepergiannya mempunyai tujuan tempat yang dipastikan.
  6. Tidak diperbolehkan bermakmum pada mushollli yang sholat dengan sempurna (tidak diqoshor) baik sesama musafir atau muqim.
  7. Wajib niat Qoshor sholat dan menyebutkan rakaatnya (rok’ataini).
  8. Wajib menjaga niat Qoshor sholat sampai akhir sholat dan wajib menjaga niat bepergian samapi pada tujuan.
  9. Mengetahui kebolehan Rukhsoh mengqoshor sholat untuk musyafir.
  10. Mengetahui tata cara sholat qoshor.
  11. Pelaksanaan sholat mahallu sholat harus sampai melewati batas tempat muqim (sudah keluar dari daerah pemukimannya).
  12. Pelaksanaan sholat qosor dilaksanakan pada saat perjalanan (tdk pada saat sampai pada tujuan).

ويجوز للمسافر قصر الصلاة بأن يصليها ركعتين بشروط اثنى عشر: أن تكون الصلاة رباعية مكتوبة أصالة مؤداة أو فائتة سفر قصر كالظهر والعصر والعشاء، وأن يكون المسافر في سفر طويل وهو ستة عشر فرسخاً وهي مرحلتان، وأن لا يكون عاصياً بالسفر، وأن يكون سفره لغرض صحيح ديني أو دنيوي، وأن يقصد محلاً معلوماً في أوّل سفره ولو بالجهة، وأن لا يربط صلاته بمن جهل سفره أو بمتمّ ولو في نفس الأمر ولو في جزء من صلاته ولو في صبح، وأن ينوي القصر مع التحرم كأن يقول مقصورة أو ركعتين أو صلاة السفر، وأن يتحرز عن منافي نية القصر في دوام الصلاة ودوام السفر في جميع الصلاة يقيناً، وأن يعلم بجواز القصر، وأن يعلم الكيفية، وأن يجاوز محل الإقامة ويصل إلى محل يعدّ فيه مسافرا
(نهاية الزين النواوي البنتنى)
Tambahan keterangan:
• Pada saat “musafir” (bepergian) yang sudah terpenuhi sarat qoshor maka Jawazu qoshri wal itmam (boleh mengqoshor dan tdk mengqoshor).
• Batasan boleh mengqoshor sholat hanya dalam waktu tiga hari, dan boleh mengqoshor sholat lagi setelah hari ke-5 sampai hari ke-7 dan seterusnya bagi yang bepergian selama lebih dari 3(tiga)hari.
• Apabila kepergian seorang musyafir kurang dari 3hari menurut ketetapan Imam Syafi’i dan ashhabu syafi’i (ulamak pendukung madhab syafi’iyah) : lebih utama qoshor sholat dari pada itmam (tidak mengqoshor sholat).

قال الشافعي والأصحاب : القصر لهذا أفضل بلا خلاف ، بل يكره له الإتمام حتى تزول هذه الكراهة ; وهكذا الحكم في جميع الرخص في هذه الحالة ، وإن كان سفره ثلاثة أيام فصاعدا ، ولم يكن مدمن سفر البحر وغيره ولا يترك القصر رغبة عنه ، فهل الأفضل الإتمام أم القصر ؟ فيه ثلاث طرق ( أصحها ) وبه قطع المصنف وجمهور العراقيين : القصر أفضل
(المجموع شرح المهذب)
• Seseorang yang hidupnya selalu dalam perjalana lebih utama itmamu sholah (tidak mengqoshor sholat).
وخرج بقولنا ولم يختلف فى جواز قصره .من اختلف فى جواز قصره كملاح يسافر فى البحر ومعه عياله فى سفينة ومن يديم السفر مطلقا كالساعى فإن الاتمام افضل له خروجا من خلاف من اوجبه كالإمام احمد رضي الله عنه
Dikecualikan dari penuturan kami (mushannif) dan tidak terjadi perbedaan ulama tentang kebolehan mengqoshor sholat bagi seorang musafi adalah orang yang di perselisihkan ulama tentang kebolehan mengqoshor sholatnya seperti seorang pelaut yang selalu berlayar bersama keluarganya dalam kapal atau orang yang selalu bepergian seperti seorang pengusaha maka menyempurnakan itmamu sholah (tidak mengqoshor) baginya lebih utama agar terhindar dari perbedaan pendapat ulama yang mewajibkan menyempurnakan sholat baginya seperti pendapat Imam Ahmad” (Hasyiyah al-Bajuri I/201)

Wallohu a'lam...

0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos