Ads

Home » , » SUARA DENGUNG PADA TELINGA

SUARA DENGUNG PADA TELINGA


·        Apa yang terjadi ketika suara ngiiing pada telinga?
Dalam filosofi jawa dengung pada telinga, ada yang mengartikan akan ada hal yang besar telah terjadi atau akan terjadi. Ternyata setelah kami baca-baca kitab menemukan keterangan yang searah dengan filosofi jawa tersebut, Bahkan keterangan dalam kitab tersebut merujuk pada sebuah hadits Rosululloh SAW. ternyata setelah saya buka buka buku SOLUSI Problematika Aktual HUKUM ISLAM (Keputusan Mu’tamar, Munas, dan Kongres NU thun 1926-2004) Hal: 169 disana juga terdapat keterangan yang senada:
قال النبي صل الله عليه وسلم: إذا ظنّت أذن أحدكم فليذكرني وليصلّ عليّ وليقل ذكر الله من ذكرني بخير.
Sabda Rosululloh (semoga sholawat dan salam atasnya):  Ktika salah seorang dari kalian telinganya berdengung, maka hendaknya dia mengingatku (Rosululloh) dan membaca sholawat atasku serta berdoa: dhakarollohu man dzakaroni khoiron (Alloh akan mengingatkan yang mengingatku dengan kebaikan.
·        Imam Al-Manawi (semoga Alloh meridloi-nya)dalam kitab Azizi ‘ala jamiusshoghir, berkomentar tentang Hadits tersebut diatas:
قال المناوي فإن الأذن إنما تظنّ لمّــا ورد على الروح من الخبر الخير وهو أنّ المصطفى صل الله عليه وسلم قد ذكر ذالك الإنسان بخير في الملاء الأعلى في عالم الأرواح.
(االعزيز على جميع الصغير)
Al-Imam Al-Manawi (semoga ridlo Alloh atasnya) berkata: sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika terdengar berita baik ke-ruhh, bahwa Rosululloh (semoga sholawat dan salam atasnya) telah menyebutkan bahwa pemilik telinga tersebut dengan kebaikan diAl-Ma’la_ (alam ruh).
·        Kesimpulan; ketika terdengar suara ngiingg pada telinga disunahkan membaca sholawat dan doa:
ذكر الله من ذكرني بخير
Dhakarollohu man dzakaroni khoiron
Semoga bermanfaat...

  

0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos