Ads

Home » , , » NGAJI GHOYAH WATAQRIB

NGAJI GHOYAH WATAQRIB

Bab Sholat Bagian ke-II
(فصل) وشرائط وجوب الصلاة ثلاثة أشياء الإسلام والبلوغ والعقل وهو حد التكليف. والصلوات المسنونات خمس العيدان والكسوفان والاستسقاء والسنن التابعة للفرائض سبع عشرة ركعة ركعتا الفجر وأربع قبل الظهر وركعتان بعده وأربع قبل العصر وركعتان بعد المغرب وثلاث بعد العشاء يوتر بواحدة منهن وثلاث نوافل مؤكدات صلاة الليل وصلاة الضحى والتراويح.
(Fasal)
Syarat-syarat dari wajibnya sholat ada 3macam yaitu : (1) Islam. (2) Baligh. (3) Berakal.
Adapun sholat-sholat yang disunahkan ada 5macam: (1) Dua sholat ’aid : Sholat ‘Idul Fitri dan sholat ‘Idul Adha. (2) Sholat Gerhana yaitu Gerhana Matahari dan Bulan. (3) Sholat Istisqo’. (4) Sholat yang waktunya sebelum dan sesudah Sholat Fardu lima waktu, jumlah dari rakaat keseluruhan ada 17rakaat, yaitu dua rakaat sebelum sholat subuh, empat rakaat sebelum sholat dzuhur, dua rakaat sesudah sholat dzuhur, empat rakaat sebelum sholat ashar, dua rakat setelah sholat maghrib, tiga rakaat sesudah isya’yang mana, satu rakaatnya sholat witir.
Sedangkan sholat sunah muakat ada 3macam, yaitu: (1) Sholat tahajut, (2) Sholat Dzuha, (3) sholat tarawih.

KETERANGAN.
  1. Seorang kafir tidak diwajibkan melaksanakan sholat fardu lima waktu, karena tidak terkena taklif hukum islam akan tetapi diakhirat mendapatkan siksa kefasidan ke-imanannya.
  2. Jika seorang kafir masuk islam tidak diwajibkan menggodho sholat yang ditingalkan selama dia baligh sampai dia masuk islam.
  3. Orang yang murtad (pernah masuk islam kemudian pindah agama lain) tetap diwajibkan mengqodho sholat yang ditinggalkan selama dia keluar dari agama Islam.
  4. Orang yang hilang Akal “majnun” tidak diwajibkan sholat, termasuk yang disebabkan kemaksiatan minum-minuman keras.
  5. Orang yang bodoh dari kecil dikarenakan tuna netra atau tuna rungu sehingga mengakibatkan tidak mengetahui hukum syar’i tidak diwajibkan sholat, dan tidak diwajibkan mengqodho sholat yang ditinggalkan ketika suatu saat paham agama dan mengerti hukum syar’i.
  6. Wanita yang Haid dan Nifas haram melaksanakan sholat dan tidak diwajibkan menggodho sholat fardu yang ditinggalkan selama haid dan Nifas.
  7. Wanita yang Istihadloh tetep wajib melaksanakan sholat.
  8. Sholat istisqo’ adalah sholat memohon hujan.
wallohu a'lam

0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos