Ads

Home » » MENGQOSHOR & MENJAMA’ SHOLAT

MENGQOSHOR & MENJAMA’ SHOLAT


 Bagian ke- II
 B. Menjama’ Sholat
Sebagaimana yang sudah kami sampaikan pada kiriman sebelumnya, Bahwa maksud dari menjama’ sholat artinya mengumpulkan dua sholat pada waktu yang sama. Seperti contoh melaksanaka Sholat Dzuhur pada waktu sholat Ashar atau sebaliknya & melaksanakan sholat Maghrib pada waktu sholat Isya’ atau sebaliknya, dan perlu diketahui bahwa tdk boleh menjama’ sholat jum'ah dengan sholat ashar (dengan jum' ta'khir), sholat ashar dengan sholat maghrib, sholat isya’ dengan sholat subuh dan sholat dzuhur dengan sholat subuh.
Adapun Rujuan ulama’ tentang kebolehan menjama’ sholat berasal dari Hadits Nabi yang dikeluarkan oleh banyak para sahabat termasuk Imam Muslim yang diriwayatkan oleh sahabat nabi Muad bin jabal:
 خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في غزوة التابوك فكان يجمع بين الظهر وعصر والمغرب والعشاء فأخرالصلاة يوما ثم خرج فصلى الظهر والعصر جميعا ثم دخل ثم خرج فصلى المغرب والعشاء جميعا.
 Artinya:
Kami keluar bersama Rosululloh SAW ketika perang tabuk kemudian Rosul menjama’ sholat dzuhur dengan ashar dan sholat Maghrib dengan sholat Isya’dengan jama’ ta’khir. Kemudian (pada waktu perang tabuk juga) Rosulululloh SAW sholat dzuhur dan ashar ketika masuk(waktu sholat ashar) dan sholat maghrib dan isya’(dengan jama’ taqdim).
(H.R Muslim no:51-53/ Abu Dawud no: 1208/Ibnu Majah no:107)

 Hadits ini juga dinuqil oleh Al-Imam Taqiyyudin dalam kitab Kifaytul Ahyar Juz:1, Shohifah:207.

 Perlu kita ketahui, bahwa menjama’ sholat ada dua macam:

 B.1.JAMA’ TAQDIM
Kebolehan seorang Musyafir menjama’ sholat (jama’ Taqdim) sbb:
Melaksanakan sholat ashar pada waktu sholat dzuhur, melaksanakan sholat isya’ pada waktu sholat maghrib dan melaksanakan sholat Ashar pada hari jum’at pada waktu sholat jum’at.
(Nihayatu zain sarahu qurrotil a’in juz: 1, Shohifah:8).
Adapun syarat-syarat mendapatkan ruhsoh (keringanan) menjama’ taqdim sholat, Syekh Nawawi menerangkan lebih rinci dalam Nihayatu zain ada 6macam:

1.     Tartib dalam pelaksanaannya, artinya wajib mendahulukan sholat yang awal. Apabila melaksanakan jama’ taqdim dengan mendahulukan sholat yang akhir maka yang sah hanya sholat yang awal saja.
2.     Niat Jama’ pada awal kali sholat.
3.     Al-Muwalah (bergulir) antara sholat yang pertama dengan yang ke-II tdk boleh dipisah dengan sholat yang lain.
4.     Bagi orang yang mempunyai niatan mukim sementara ditengah perjalanan wajib meneruskan perjalanan melebihi 16farsah ( 88Km/80Km/ 64Km/94Km) dan tidak disaratkan adanya wujud kepergiannya pada niat awal kali kepergian (musafir).
5.     Dari awal kali sholat jama’ taqdim wajib yaqin bahwa sholatnya mencukupi untuk kedua sholat yang dijama’, dan apabila sholatnya orang yang menjama’ taqdim tersebut tidak mencukupi untuk sholat yang ke-II maka batal sholatnya yang pertama.
6.     Pada sholat yang ke-II wajib meyakini sahnya sholat yang pertama.

 ويشترط لجمع التقديم ستة شروط: الأوّل: الترتيب بأن يبدأ بصاحبة الوقت لأن الوقت لها فلو عكس الترتيب صحت صاحبة الوقت فقط: الثاني: نية الجمع في الأولى ولو مع التحلل منها. الثالث: الولاء بـين الصلاتين بأن لا يتخلل بـين الصلاتين زمن يسع ركعتين بأخف ممكن وحينئذ لا يجوز أن يصلي الراتبة بـينهما. الرابع: دوام السفر إلى عقد الثانية وإن أقام في أثنائها، ولا يشترط وجود السفر عند عقد الأولى. الخامس: بقاء وقت الأولى يقيناً إلى تمام الثانية فيبطل الجمع والصلاة إذا خرج الوقت في أثناء الثانية أو شك في خروجه. السادس: ظنّ صحة الأولى لتخرج المتحيرة فليس لها جمع التقديم، وكذا لو كانت الأولى جمعة في مكان تعددت فيه لغير حاجة وشك في السبق والمعية، ومثل ذلك كل من تلزمه الإعادة كفاقد الطهورين والمتيمم للبرد أو لفقد الماء بمحل يغلب فيه الوجود أو نحو ذلك.
 (نهاية الزين شرح قرة العين, ج:1,ص:8)

 KETERANGAN
 • Dalam hal no:3 Al-Muwalah (bergulir) antara sholat yang pertama dengan yang ke-II tdk boleh dipisah dengan sholat yang lain juga tidak boleh menyela antara sholat yang awal dengan yang ke-II dengan jarak melebihi 2rakaat sholat. sebagaimana keterangan dalam I’anatut Tholibin sbb:

 قوله بأن كان دون قدر ركعتين ) تصوير للفصل اليسير فهو أن ينقص عما يسع ركعتين بأخف ممكن على الوجه المعتاد فلا يضر الفصل بوضوء ولو مجددا وتيمم وطلب للماء خفيف وزمن أذان وإن لم يكن مطلوبا وزمن إقامة على الوسط المعتدل في ذلك حتى لو فصل بمجموع ذلك لم يضر حيث لم يطل الفصل
 QOULUHU BIAN KA_NA DUNA QODRO ROK'TAINI artinya gambaran (dari memisah antara dua sholat) asalkan dalam waktu yang dikira-kirakan lamanya kurang dari dua rakaat sholat maka tidak dipermasalahkan(LA_YADURR) seperti memisahnya dengan brwudlu walaupun (TAJDIDUL WUDLU') nganyar-nganyari wudlu atau tayamum, mencari air untuk berwudlu atau waktu adzan (saat menjalani shalat kedua dari shalat jama’), waktu iqomah yang kesemuanya dilakukan dalam waktu normal, bahkan bila antara kedua shalat jama’ tersebut dipisah dengan semua perbuatan-perbuatan diatas secara keseluruhan asalkan tidak lama maka tidak berbahaya dan tidak membatalkan sholatnya.
 I’aanah at-Thoolibiin II/103

 • Pelaksanaan jama’ taqdim wajib diluar daerah dimana musafir (orang yang bepergian) tinggal.

 B.2.JAMA’ TA’KHIR.
Jama’ ta’khir adalah melaksanakan dua sholat pada akhir sholat yang dijama’. Perinciannya sbb:

Melaksanakan sholat dzuhur pada waktu sholat ashar, sholat maghrib pada waktu sholat isya’.dan perlu diketahui seperti yang sudah kami sampaikan diatas tidak boleh melaksanakan sholat jum’ah dengan jama’ ta’khir.
(Nihayatu zain sarahu qurrotil a’in juz: 1, Shohifah:8).

 Syarat-syarat melaksanakan jama’ ta’khir ada 2macam, yaitu sbb:
 1) Niat mengakhirkan sholat pada waktu sholat yang pertama(dzuhur & maghrib)
 2) Kepergiannya wajib mencapai dua marhalah/16farsah ( 88Km/80Km/ 64Km/94Km) dan tidak boleh adanya muqim pada tengah-tengah perjalanan.

 KETERANGAN
 • Boleh menqoshor sholat sekaligus menjama’nya.
 • Boleh memilih antara jama’ taqdim atau ta’khir.
 • Istilah 16fasah/2(dua)marhalah dalam ketetapan Imam Syafi’i 48Mill Hasyimiyah.
 والطويل ثمانية وأربعون ميلا هاشمية ، وهو مرحلتان معتدلتان كما سبق
 (شرح سنن مسلم على النواوى)

 • Pendapat Madhab Hanbaliyah boleh menjama’ sholat pada saat musyafir yang memenuhi persyaratan, akan tetapi meninggalkan jama’ sholat lebih utama,
 (يجوز الجمع ) وتركه أفضل ، وعنه : فعله ، اختاره أبو محمد الجوزي وغيره ، كجمعي عرفة ومزدلفة ، وعنه : التوقف ( بين الظهر والعصر والعشاءين في وقت إحداهما ) فهذه الأربع هي التي تجمع في وقت إحداهما ، الظهر والعصر ، والمغرب والعشاء.
 (المبدع في شرح المقنع)

 • Pendapat Madhab Hanafiyah tdk diperbolehkan jama’ sholat (tdk ada rukhsoh) dalam keadaan Musafir, waktu hujan, atau sakit kecuali pada saat ibadah haji.
 وقال أبو حنيفة : لا يجوز الجمع بين الصلاتين بسبب السفر ولا المطر ولا المرض ولا غيرها إلا بين الظهر والعصر بعرفات بسبب النسك ، وبين المغرب والعشاء بمزدلفة بسبب النسك أيضا
 شرح سنن مسلم النواوى

 Keterangan selanjutnya Insy’Alloh akan membahas “boleh menjama’ taqdim ketika ada hujan turun” atau pada saat sakit
 ويجوز الجمع بالمطر في وقت الأولى ، ولا يجوز في وقت الثانية على الأصح لعدم الوثوق باستمراره إلى الثانية.
 (شرح سنن مسلم على النواوى)
 WALLOHU A’LAM BISHOWAF...


0 comments:

Post a Comment

Featured

Recent Post

Featured
Most Popular
Videos